BEM FE UNESA LAHIRKAN KOMUNITAS BARU BIDANG KEILMIAHAN DAN PENALARAN

Kabar gembira datang dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Bagi Mahasiswa penalaran lovers yang cinta dunia penulisan dan penalaran kini telah lahir FSC (Fenesa Scientific Community) yang diresmikan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan pada tanggal 18 Mei 2017 di Auditorium G3. Peresmian ini ditandai dengan pemukulan  gong oleh wakil dekan. Acara peresmian ini dikemas dalam acara Grand Opening dan Talk Show dengan tema "Peningkatan Inklusi Keilmiahan dalam Dunia Perguruan Tinggi di Era Bonus Demografi".

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut ketua tim penalaran FE Unesa Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI. Materi yang disampaikan salah satunya adalah terkait peran dan fungsi FSC dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam bidang penalaran. "FSC harus mampu menjadi garda depan dalam peningkatan literasi keilmiahan di Fakultas Ekonomi mengingat partisipasi mahasiswa dibidang penalaran masih rendah" Ujar Dosen yang sedang menempuh program doktor Ekonomi Syariah tersebut,

Menurut Ajib, dosen prodi Ekonomi Islam ini mengatakan bahwa "Setiap tahunnya rata-rata usulan PKM mahasiswa kurang lebih 150 porposal yang terbagi menjadi 50 proposal PKM Karya Tulis dan 100 proposal untuk PKM 5 bidang" imbuhnya. Angka tersebut masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa FE yang mencapai 3000 an. FSC inilah gerakan arus bawah yang dapat meningkatkan partisipasi mahsiswa. Pungkasnya.

Menurut Kristina Eva, Ketua pelaksana Grand Opening FSC berharap komunitas ini menjadi wadah bagi mahasiswa yang cinta dengan keilmian dan penalaran. "Kedepan fokus FSC adalah ikut serta dalam mensukseskan perolehan prestasi bidang kemahasiswaan khususnya bidang keilmiahan dan penalaran" . Ujar mahasiswa angkatan 2016 tesebut.

Selain itu, menurut Eva sapaan akrab mahasiswa jurusan akuntansi ini mengatakan bahwa yang perlu diketahui bagi mahasiswa fe adalah komunitas ini tidak melulu bahas sesuatu yang berbau ilmiah. "Disini juga teman-teman dapat belajar tentang kepenulisan seperti novel, cerpen, bedah film dan sebagainy. Bagi mahasiswa yang ingin bergabung dapat menghubungi saya atau saudara Nur Fitroh mahasiswa prodi Ekonomi Islam". Pungkasnya.

Ketua BEM FE Unesa periode 2017 juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa yang akrab dipanggil Ade ini dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu program BEM FE Unesa periode 2017 adalah melahirkan komunitas untuk mewadahi bakat dan minat mahasiswa. "Sebagaimana diketahui bahwa komunitas yang sudah ada di FE Unesa baru bidang kerohaniaan dan bidang sosial" Ujar mahasiswa program studi Adper tersebut. "FSC ini komunitas baru yang digagas BEM FE dan sedang kami persiapkan satu komunitas lagi bidang kewirausahaan" pungkasnya.

Sementara itu, Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si. Selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dalam sambutannya mengatakan bahwa "FSC merupakan sejarah baru dimana secara resmi dilahirkan komunitas penalaran di Fakultas Ekonomi". Anang berpesan supaya komunitas ini terus melakukan kaderisasi sehingga siklus organisasi ini panjang. "Kami bangga atas capaian ini dan kami berharap kaderisasi terus berjalan mengingat kaderisasi merupakan bagian dari nafas sebuah organisasi". Tambahnya.

Sebagai penutup sambutan, Anang berpesan supaya FSC ikut mensukseskan program kemahasiswaan bidang penalaran dan berperan aktif untuk mengantarkan mahasiswa FE dalam meraih prestasi. "Kami telah menyiapkan reword khusus baik berupa mmateri dan non materi kepada seluruh mahasiswa FE yang meraih prestasi". Pungkasnya. (AAR/Penalaran/Fenesa)

Komentar